Ayo Bantu Promosikan Pedagang Kecil di Media Sosial



Akhir-akhir ini saya menemukan banyak hal menarik di beranda Facebook, ini bukan tentang seputar hiruk pikuk pilkada, bukan juga tentang ajakan bisnis multi level yang sedang digeluti banyak teman saya, tetapi hal lain yang lebih humanis dan ini manis. Saya melihat ternyata media sosial bisa juga ya menjadi media kita dalam membuka lebar kepedulian, membantu orang-orang kurang beruntung disekitar kita.

Semakin berkembangnya teknologi pintar memang telah seharusnya membuat penggunanya juga semakin pintar. Ini tidak hanya muluk sibuk mengurusi kepentingan mereka sendiri tetapi juga bisa pintar menggalakkan kepedulian. Kita tidak harus menunggu kaya untuk peduli terhadap orang lain, selama niat kita baik selalu akan saja ada jalan untuk kita berbuat baik, salah satunya bisa melalui media sosial.

Kenyataan yang perlu kita ketahui adalah Indonesia merupakan salah satu pengguna media sosial terbesar di dunia, berdasarkan hasil survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2016, dari sekitar 132 juta pengguna internet di Indonesia ada sekitar 71 juta pengguna Facebook atau 54% dari total pengguna internet di Indonesia, ini potensi yang besar menurut saya khususnya dalam membuat setiap akun sosial media kita dapat memberi manfaat bagi orang lain.

Sumber Informasi Data oleh APJII, divisualisasikan oleh jewantah.blogspot.co.id

Adakah yang memperhatikan terdapat begitu banyak pedagang kecil di sekitar kita? Mulai dari yang sekedar berdagang minuman di pinggir jalan, buruh cuci yang menjajakan jasanya, pedagang kasur yang keliling kompleks hingga pedagang manisan yang biasanya anak-anak. Pernahkah kita merenungkan apa yang telah kita lakukan buat mereka? Pedulikah kita dengan keseharian mereka? Bagaimana kerasnya hidup mereka?.

Beberapa dari pengguna Facebook kita sudah menyadari hal ini, kesadaran dari mereka ini telah menggugah banyak orang untuk lebih memperhatikan kehidupan pedagang kecil. Ini memunculkan manfaat lain dari media sosial, disamping fungsinya sebagai tempat kita bersosialisasi.

Contoh 1


Contoh 2


Beberapa gambar diatas adalah hal yang saya maksud, hanya bermodal kamera di smartphone dan akun media sosial, kita bisa menjadi penyambung mereka yang membutuhkan. Post seperti ini biasanya akan dengan mudah tersebar, bisa menarik banyak pembeli, juga uluran tangan dari mereka yang peduli. Ini saatnya membuat dunia begitu ramah untuk mereka pedagang kecil.

Jangan sampai kita selama ini termasuk bagian dari masyarakat yang begitu acuh, yang pelit terhadap pelaku usaha kecil tetapi disaat yang sama royal untuk pelaku usaha besar. Ayo galakkan kepedulian, dengan media sosial kita bisa bantu mempromosikan pedagang kecil agar dagangannya laris.

Lagkah-langkah yang bisa kita lakukan

Bila menemui pedagang kecil belilah dagangannnya, bertanyalah tentang omsetnya dan bagaimana kesehariannya, keluarganya dan lain-lain. Dalam melakukan promosi sebaiknya ada gambar, minta izinlah terlebih dahulu kepada pedagang untuk mengambil fotonya. Jelaskan tujuan kita dan manfaatnya bagi pedagang.


Kemudian upload foto di media sosial lengkapi dengan caption informasi dari jawaban-jawaban pertanyaan kita tadi, jangan lupa juga tulis lokasi agar memudahkan pembeli baru untuk mencari lokasi pedagang. Tuliskan juga jenis dagangannya dan minta pengguna media sosial lainnya menyebarkan post kita.


Post kita ini akan tersebar dan akan mengundang banyak respon. Bila ada pertanyaan dari pengguna Facebook coba jawablah sesuai informasi yang kita dapat dari pedagang. Bila ada post lain yang sejenis, bantu share untuk membantu mempromosikan dagangan pedagang-pedagang kecil yang ada.

Inilah salah satu cara untuk membuat media sosial kita menjadi lebih bermanfaat. Diluar sana masih banyak lagi pedagang-pedagang kecil yang mungkin begitu sulit menjajakan dagangannya karena susahnya bersaing dengan pedagang-pedagang skala besar. Bila masyarakat berbondong-bondong senantiasa membangun media sosial sebagai tempat promosi pedagang-pedagang kecil. Maka akan semakin baik pula kondisi pedagang-pedagang kecil kita, bermanfaat jangka panjang membangun ekonomi, dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh. 




Catatan:
Gambar kreatif dibuat oleh penulis


*Artikel ini berhasil meraih Juara Pertama Pada Lomba Blog yang diadakan oleh BEM FTI URINDO Tahun 2017


Komentar

Quote

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” Pramoedya Ananta Toer